IndeksCalendarFAQPencarianPendaftaranAnggotaGroupLogin

Share | 
 

 dampak emosi pada tubuh

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
biawak
[JGC 19] Newbie
[JGC 19] Newbie
avatar

Jumlah posting : 15
Registration date : 06.07.07

PostSubyek: dampak emosi pada tubuh   Fri Sep 21, 2007 1:02 pm

Seberapa Besar Dampak Emosi Terhadap Kesehatan

Semua orang tahu emosi dapat merugikan kesehatan, namun, jarang yang dapat menahan diri ketika mengalami hal yang menyinggung perasaan pribadi. Perlu diketahui, bahwa saat amarah Anda meluap-luap, Anda justru sedang mempersulit diri sendiri karena kesalahan orang lain, yang membuat jasmani Anda juga ikut menderita.

Otak besar
Emosi dapat merusak rhythmic yang menghalangi dengan rangsangan otak besar mempercepat penuaan sel otak dan melemahkan fungsi otak. Lagipula sejumlah besar darah yang mengalir deras ke otak, membuat beban pembuluh darah otak bertambah, disaat demikian racun yang terkandung dalam darah paling banyak, dan kandungan oksigen paling sedikit, terhadap sel otak tidak lebih baik dari racun. Kusutnya pikiran ketika murka adalah bukti otak kekurangan oksigen.

Tindakan positif: Dengan cara duduk. Sebab saat mengambil tindakan dengan cara berdiri, pengeluaran hormon paling cepat, sebaliknya bila dengan cara duduk maka peningkatan pengeluaran tidak akan begitu cepat. Dengan cara duduk sedikit lebih lama ini juga dapat mengurangi secara drastic rasio terjadinya impuls (dorongan hati-emosi).

Jantung
Setiap timbul emosi atau maksud negatif pasti akan membuat denyut jantung bertambah cepat, daya penyusutan jantung bertambah kuat, tekanan darah naik, darah menjadi lengket dan kental. Darah yang mengalir deras ke otak dan muka dalam jumlah besar, dapat menyebabkan darah yang disuplai ke jantung itu sendiri berkurang dan mengakibatkan otot kekurangan oksigen. Demi persediaan oksigen yang cukup, jantung terpaksa bekerja ekstrem, sekali bergolak, maka denyut jantung akan semakin tidak teratur, dan itu akan lebih fatal.

Tindakan positif Meskipun pura-pura, tetap harus tersenyum. Saat anda tersenyum, segera terbayang sejumlah hal yang menyenangkan dalam benak anda. Dalam kondisi siap tempur semua organ vital mendapat kebebasan, darah cenderung merata, denyut jantung kembali normal dan teratur.

Hati
Saat emosi, organisme dapat mengeluarkan suatu zat yang berfungsi pada sistem saraf sentral, membuat gula darah naik, penguraian lemak bertambah kuat, dan asam lemak bebas dalam sel hati dan darah bertambah. Asam lemak bebas memiliki racun sel yang sangat kuat, terhadap sel hati ia seperti makanan lezat bagi tubuh, diperlukan jika kurang, sebaliknya merupakan pembunuh bila kelebihan.

Tindakan posistif : Saat emosi, segera minum segelas air putih. Air dapat mendorong mengeluarkan asam lemak bebas dalam tubuh, bahkan dapat mengurangi racunnya.

Kulit
Saat emosi, sejumlah besar darah mengalir deras ke muka, saat demikian oksigen dalam darah tidak banyak, sedangkan asam lemak bebas dan racun lainnya bertambah, racun-racun ini dapat merangsang kandung bulu, menyebabkan tingkat radang dalam yang tidak sama di sekitar kandung bulu, akibatnya timbul noda dan problem kulit lainnya. Menurut hasil penelitian kedokteran AS terhadap 5000 wanita yang ditumbuhi dengan noda di wajahnya menunjukkan, bahwa saat suasana hati mereka dalam kondisi tidak bergairah, obat apapun terhadap pengobatan noda semuanya masih lumayan efektif. Sebaliknya saat hubungan antar manusia pada sejumlah wanita diantaranya itu mengalami perbaikan, noda di wajah mereka malah sembuh tanpa pengobatan.

Tindakan positif: Gaya merentang segi tiga dalam Yoga. Sepasang kaki dipisah, tarik nafas, sepasang tangan dimiringkan sejajar, kemudian hirup udara lalu perlahan-lahan miringkan pinggang ke kanan, tangan kanan diletakkan di atas lantai di sebelah kanan kaki, lakukan latihan ini secara bergantian posisi. Dengan gaya demikian dapat menetralisir kondisi tubuh, agar racun dapat dikeluarkan, dan membuat kulit kembali sehat berkilau.

Sistem sekresi dalam
Emosi mengacaukan pusat kendali pada sistem sekresi dalam, sehingga membuat hormon pengeluaran kelenjar gondok berlebihan. Kelenjar gondok merupakan organ penting dalam tubuh yang turut bermetabolisme, saat anda merasa sangat bersemangat itu artinya kelenjar gondok mendapat rangsangan, lama kelamaan dapat menimbulkan hyperthyreosis

Tindakan posistif:Sikap duduk dalam senam Yoga. Sikap duduk, rileks, pejamkan mata, hirup nafas dalam-dalam, kepala menghadap ke depan dan lenturkan ke bawah, rahang bawah atau dagu menyangga erat tulang dada, lalu angkat kepala perlahan-lahan, tarik nafas. Ia memiliki efek mengurut kelenjar gondok, dapat membantu melenyapkan perasaan sedih dan amarah, selanjutnya karena efek kelenjar gondok betambah kuat, sehingga segenap tubuh akan mendapat manfaat positif.

Lambung
Kekacauan kerja sel otak yang emosi menimbulkan rangsangan pada saraf simpatik, dan secara langsung berefek pada pembuluh darah dan jantung, membuat jumlah darah di lambung dan usus berkurang, pristalsis menjadi lamban, nafsu makan menjadi buruk, getah lambung meningkat, jika parah dapat menyebabkan tukak lambung. Selain itu juga dapat mengeluarkan hormon menipu saraf sentral, membuat kita tidak nafsu makan, tepatnya yang sering disebut “pelampiasan amarah” (amarah sudah terlampiaskan).

Tindakan positif: Bernafas gaya perut. Ini dapat membuat saraf parasimpatik yang menangani ketenangan bekerja, melawan kegairahan saraf simpatik, selain itu juga dapat mengurut bagian lambung, meredakan gangguan di sekitar jasmani.

Paru-paru
Saat perasaan berkobar-kobar, darah yang mengalir setiap menit melalui jantung bertambah kencang, terhadap kebutuhan oksigen juga meningkat, dan kapasitas kerja paru-paru tiba-tiba meningkat. Selain itu, karena hormon berefek pada sistem saraf, membuat nafas terengah-engah, bahkan terjadi gejala pengambilan nafas yang berlebihan, gelembung paru terus meluas, tidak ada waktu menyusut, dengan begitu otomatis tidak mendapatkan istirahat dan suasana rileks yang sewajarnya, sehingga merusak kesehatan paru-paru.

Tindakan posistif: Fokuskan pada lantai, tarik nafas dalam-dalam dan secara perlahan sebanyak 5 kali, rasakan perubahan suhu udara yang dihirup dan dikeluarkan. Cara bernafas demikian dapat membuat gelembung paru beristirahat, oksigen yang cukup bahkan dapat memperbaiki kondisi otak besar, membantu kita menenangkan diri.
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
chikly
Tamu Kehormatan JGC 19
Tamu Kehormatan JGC 19
avatar

Jumlah posting : 144
Registration date : 09.07.07

PostSubyek: Re: dampak emosi pada tubuh   Mon Sep 24, 2007 12:12 am

tambahan dikit JGC 19
dengerin musik yang kita suka bs meredam emosi jg loh JGC 19 biasanya kl gw gtu JGC 19 ato ga lakuin hal yang lw suka
misalnya JGC 19 nyanyi JGC 19 mandi JGC 19 ato ga masak
katanya ngelakuin apa2 yang kita suka bs bikin relex JGC 19
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
 
dampak emosi pada tubuh
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Dampak Tidak Pernah di RPM Tinggi
» Fitur baru Readmore pada blogspot!
» Pasang comment Union pada commentar Blog mu
» perkenalan newbie biasa seperti yang lain pada umumnya
» dampak kenaikan BBM (kalo jadi)

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
___ (―`·._.·[JAKARTA GLOBAL CHAT 19]·._.·΄―)___ :: ___ (―`·._.·[Gaya Hidup]·._.·΄―)___ :: •·.·΄―`·.·• Kesehatan •·.·΄―`·.·•-
Navigasi: